Sabtu

Urgensi Penguasaan Kemampuan Kepemimpinan bagi Mahasiswa


Oleh :Iskandar Zulkarnain
kepemimpinan adalah kemampuan melaksanakan kegiatan dalam mempengaruhi orang lain untuk bekerja keras dengan penuh kemauan untuk tujuan kelompok (George P Terry). Disini terdapat beberapa pokok masalah yang mengahambat mengapa mahasiswa enggan atau sukar untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan, maka dari itu sudah sepantasnya kita memikirkan bagaimana seorang mahasiswa bisa menjadi pemimpin bagi dirinya atau bagi kelompoknya.
Kepemimpinan di perlukan untuk melakukan perubahan kearah yang lebih baik dan dilakukan atas dasar secara sadar,kebutahan untuk berubah. Lebih di utamakan atas keinginan diri sendiri walaupun dalam perjalananya di perlukan beberapa dukungan dari orang lain untuk meyakinkan kita bisa jadi pemimpin yang baik bagi suatu kelompoknya. Dalam perkembanganya kita di hadapi akan menjadi kearah mana seorang pemimpin. Ada beberapa hal yang membedakan seorang pemimpin dengan seorang manajer. Jika seorang pemimpin itu agen perubah social dan nilali-nilai hidup. Sedangkan manajer itu hanya sebagai pemelihara dan menjag. Contoh perbedaan seorang pemimpin dan seorang manajer[1], yaitu :

Pemimpin
Manajer
Menciptakan visi ke depan
Menghadapi realitas saat ini, memecahkan isu dan tantangan yang ada
Membuat perubahan besar
Mengedalikan keseimbangan
Mengkreasi misi baru
Meningkatkan performa kerja
Bersedia mengambil resiko,
Loyal pada misi yang di emban
berinovasi dan bertangung jawab
Mengelola dan mengurangi resiko
Mengembangkan strategi
Mengola taktik operasional

Mahasiswa cenderung memilih menjadi manajer dibandingkan dengan menjadi pemimpin. Dan jika kita hanya Menjadi manajer itu sama dengan individualis dan menomorsatukan materi duniawi, sedangkan Menjadi pemimpin sama dengan populis, mengesampingkan kepentingan pribadi, melayani, keinginan berkorban demi organisasi, dll. Jadi alangkah baik nya jika kita lebih memilih jadi pemimpin di bandingkan manajer, karena seorang pemimpin adalah seorang yang rela berkorban Waktu, Tenaga dan Pikiran untuk kemajuan umatnya.
Semua orang bisa menjadi pemimpin termasuk orang awam sekalipun. Kita kaum muda hanya membutuhkan keyakinan yang kuat untuk menjadi seorang pemimpin, yang dimaksudkan keyakinan disini adalah sesuatu yang kita yakini dan hidup di dalam batin kita, yang entah secara sadar atau tidak, menentukan sikap-sikap dan tindakan kita. Keyakinan seperti itu bisa berwujud “aturan atau hukum yang menyatakan sebab-akibat” yang hidup dalam hati atau dalam benak kita, misalnya :
- Bila saya mau pintar maka saya harus belajar.
- Bila saya mau kaya, maka saya harus kerja keras.
- Bila saya tidak memiliki gelar sarjana, maka jangan harap bisa jadi direktur.
Ada beberapa teori yang menunjukan proses munculnya seorang pemimpin. Dalam literatur yang pernah saya baca teori tentang kemunculan seorang pemimpin[2], yaitu : teori pembawaan ( trait theory ), teori kejadian besar ( the great event theory ), teori transformasional ( the transformational theory ).
Benarkah seorang pemimpin hanya akan lahir jika memiliki darah kepemimpinan, jawabnya tentu tidak, coba kalian perhatikan fakta pertama, presiden Indonesia kedua yaitu soeharto adalah seorang anak petani atau presiden saddam husein dari irak, mereka menjadi pemimpin besar bukan karena turunan mereka atau mereka tidak mempunyai darah seorang pemimpin. Fakta kedua, seorang pemimpin dapat di ciptakan. Di amerika serikat khususnya di pennysilvania of university dan U.S marinir corps menciptakan pemimpin melalui program-program yang telah mereka kembangkan.
Bagaimana kriteria seorang pemimpin yang baik, tentunya bagi saya sebagai umat muslim pemimpin yang baik adalah pemimpin yang seperti Nabi Muhammad SAW :
- Memulai dengan memimpin diri sendiri
- Memimpin dengan keteladanan
- Memimpin dengan qolbunya
Jadi kesimpulan yang saya tarik dari tulisan ini adalah seorang mahasiswa dapat mempunyai sifat kepemimpinan guna untuk kepetingannya yang akan datang. Dan sifat Kepemimpinan bukan hanya dari seorang yang turunanya juga pemimpin tetapi kemampuan kepemimpinan dapat diciptakan melalui pelatihan pelatihan kepemimpinan dan unit kegiatan yang ada di kampus. Selamat mengepakan sayapmu teman-temanku dan jadilah pemimpin yang baik.


[1] HA Himendra Wargahadibrata dan Tarkus Suganda, Op.cit., hlm. 13.
[2] HA Himendra Wargahadibrata dan Tarkus Suganda, seminar pentingnya kepemimpinan bagi warga jabar, gema jabar 22-27 agustus, bandung, 2005 ,hlm. 9


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INFO KSH : SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KSH FH UNPAD ---- INFO KSH : PELANTIKAN KSH FH UNPAD @ VILLA ISTANA BUNGA, 10-11 NOVEMBER 2012